Setelah meluncurkan Sony Xperia Z, kembali Sony menghadirkan Sony Xperia ZL yang tidak lain adalah kembaran dari smartpone tersebut. Meskipun kedua smartphone tersebut memiliki nama yang mirip, tetapi keduanya mempunyai perbedaan dalam hal spesifikasi dan harga. Perbedaan Sony Xperia Z dan Sony Xperia ZL terletak pada sisi bodi, fitur, dan ketahanan. Untuk mengetahui keunggulan masing-masing, HargaHandphone.Biz telah merangkumnya untuk Anda. Inilah yang membedakan antara Sony Xperia Z dengan Sony Xperia ZL.

Sony Xperia Z dan Sony Xperia ZL

Fisik
Sony Xperia Z dirancang khusus memiliki ketahan terhadap air dan debu sedangkan Sony Xperia ZL tidak dibekali dengan kemampuan itu. Bodi Xperia Z juga lebih tangguh dengan balutan kaca berbentuk datar pada kedua sisi utamanya yang diklaim tahan pecah. Sedangkan Sony Xperia ZL hanya bermaterikan bahan plastik dan agak cembung dibagian belakang. Terdapat tiga pilihan warna untuk Sony Xperia Z yakni hitam, putih, ungu, dan 2 pilihan warna untuk Sony Xpria Z yakni hitam dan putih.

Untuk dimensi Sony Xperia ZL lebih ringan dan lebih ramping dibandingkan Xperia Z. Ukuran dimensi Xperia ZL adalah 131.6x69.3x9.8 mm sedangkan untuk Xperia Z ukuran dimensinya adalah 139x71x7.9 mm. Tetapi bobot Xperia ZL lebih besar dari Xperia Z, yaitu 151 gram banding 146 gram.

Baterai
Penyebab berat Xperia ZL lebih besar dari Z adalah perbedaan kapasitas baterai. Karena semakin besar kapastias baterai maka semakin berat pula bobot baterai tersebut. Buktinya Sony Xperia ZL memiliki kapasitas baterai sebesar 2370 mAh sedangkan Sony Xperia Z memiliki kapasitas baterai lebih rendah yaitu 2330 mAh saja. Kedua baterai pada kedua ponsel tersebut sama-sama unremovable yang artinya tidak dapat dilepas.

Kamera dan Konektivitas
Kamera belakang kedua ponsel ini mempunyai kemampuan yang sama. Hanya saja pada bagian depan sensor kamera Sony Xperia Z sedikit lebih tinggi yaitu 2.2 MP berbading 2.0 MP milik Sony Xperia ZL. Tetapi urusan konektivitas, Sony Xperia ZL lengkap dengan pembekalan infra merah dan fitur infrared tersebut tidak akan Anda temukan di Sony Xperia Z.

Kesimpulan
Konektivitas sony Xperia ZL lebih lengkap dengan pembekalan Infra merah yang mempu mengontrol beberapa perangkat elektronik yang mendukung infra merah seperti televisi dan DVD player, tetapi Sony Xperia Z lebih tangguh terhadap air dan debu. Meskipun tidak terlalu signifikan, secara keseluruhan spesifikasi dan fitur Sony Xperia Z lebih unggul dari Sony Xperia Z.

Harga
Perbedaan spesifikasi dan fitur juga berdampak pada perbedaan harga. Untuk awal April 2013 saja, harga baru Sony Xperia Z berkisar Rp. 7.500.000 sedangkan Sony Xperia ZL dipatok lebih murah yaitu Rp. 6.700.000 saja. Cukup adil bukan?
0 Komentar untuk : Perbedan Sony Xperia Z dan Sony Xperia ZL