Keberadaan Windows Phone di ranah smartphone global maupun lokal tampaknya mulai meluas setelah peluncuran smartphone Windows Phone 8 dari beberapa vendor terkemuka seperti Nokia dan disusul oleh Samsung yang mengumumkan akan merilis smartphone berbasis Windows Phone 8, Samsung Ativ Odyssey. Tampaknya sebelum Samsung resmi merilis Samsung Ativ S Windows Phone 8, HTC terlebih dahulu resmi memasarkan smartphone berbasis Windows Phone 8 yakni HTC 8s.

Pesona Windows Phone 8 kini meramaikan persaingan antara Android, iOS, dan BlackBerry. Dampaknya tentu saja berimbas pada pengguna, bingung memilih antara salah satu OS mutakhir tersebut. Kembali ke topik, HTC 8s merupakan smartphone berplatform Windows Phone 8, hanya saja harganya jauh dibawah Nokia Lumia 920 tetapi harganya 2x lipat lebih mahal dari Nokia Lumia 510. Tentu saja penurunan harga untuk smartphone diikuti dengan penurunan spesifikasi seperti halnya yang diterapkan pada Nokia Lumia 510.

HTC 8s

Mengusung layar sentuh dengan lebar 4 inchi dan berjenis S-LCD dan dilapisi dengan Corning Gorilla Glass, HTC 8s termasuk smartphone berlayar tidak begitu besar namun tidak terlalu kecil. Namun ukuran tersebut tidak didukung oleh resolusi layar tinggi. HTC 8s hanya memakai resolusi layar berukuran 480x800 px. Kurangnya resolusi layar pada HTC 8s mungkin menjadi pemicu smartphone ini dibandrol dengan harga lebih murah dibanding smartphone ber-OS Microsoft Windows Phone 8 lainnya.

Kelebihan HTC 8s yang memakai OS Windows Phone 8 tidak dibarengi dengan spesifikasi perangkat keras yang kuat. HTC 8s hanya mengusung spesifikasi prosesor S4 dual-core Snapdragon dari Qualcomm berfrekuensi 1 GHz dibantu dengan RAM berukuran 512 MB. Ini menjadi salah satu kekurangan HTC 8s yang sejatinya memerlukan spesifikasi hardware yang lebih tinggi.

HTC 8s menyediakan memori internal sebesar 4 GB untuk keperluan menangkap foto dari kamera utama bawaan HTC 8s sebesar 5 MP yang dipadu dengan autofocus, LED Flash, Geo-tangging dan pendeteksi wajah, menghasilkan foto berukuran 2592x1944 px. HTC 8s tidak menyediakan kamera skunder.

Spesifikasi HTC 8s

  • Jaringan : 2G & 3G
  • Dimensi : Tinggi 120.5 mm Lebar 63 mm Tebal 10.3 mm
  • Layar : S-LCD Touchscreen 16 juta, resolusi 480x800 px, ukuran 4 Inchi
  • Prosesor : Qualcomm Snapdragon S4 dual-core 1 GHz
  • Sistem operasi : Microsoft Windows Phone 8
  • Kamera : 5 MP autofocus with LED Flash, Geo-tagging and face detection
  • Memori : RAM 512, memori internal 4 GB, memori ekternal sampai 32 GB
  • Konektivitas : WiFi, Bluetooth 3.1, USB 2.0
  • Berat : 113 gram
  • Baterai : Li-Po 1700 mAh

Harga HTC 8s

Dari beberapa penampakan kelebihan maupun kekurangannya, HTC 8s dibandrol dengan harga Rp. 3.200.000 (Januari 2013)
0 Komentar untuk : HTC 8s Spesifikasi dan Harga